9 Universitas terbaik di Indonesia vs Asean university

Universitas terbaik di Indonesia vs University in Asean adalah analisis perbandingan universitas-universitas terbaik di Indonesia dengan universitas terbaik di Asia Tenggara. Mencakup universitas di Singapura, Malaysia, Thailand dan lainnya. Ini berguna untuk melihat posisi Indonesia di kancah Asean.

Analisis ini sebetulnya sederhana, yaitu membandingkan peringkat universitas di Indonesia dengan universitas lainnya yang ada di Asean. Acuan yang digunakan tentunya harus sama, yaitu hasil dari beberapa lembaga pemeringkat universitas kelas dunia atau world university rankings yang sudah diakui, yaitu:

  • Arwu (Academic Ranking of World Universities), dikenal sebagai Shanghai Ranking, berkedudukan di China, dan pertama kali membuat peringkat universitas dunia tahun 2003.
  • QS World University Rankings, peringkat universitas yang dibuat oleh Quacquarelli Symonds (QS). Publikasi sebelumnya dikenal dengan nama THE-QS World University Rankings, yaitu hasil kerjasama QS dengan majalah Times Higher Education (THE) yang berlangsung dari 2004-2009. Kemudian keduanya berpisah dan menggunakan metode sendiri-sendiri.
  • Times Higher Education World University Rankings (THE), peringkat universitas dibuat oleh majalah Times Higher Education (THE). Sebelumnya berkolaborasi dengan Quacquarelli Symonds (QS) tahun 2004-2009. Kemudian berpisah dan menjalin kerjasama dengan Thomson Reuters, Elsevier, dan menciptakan sistem peringkat baru.
  • US News & World Report, media Amerika yang menerbitkan berita, opini, saran konsumen, peringkat, dan analisis. Peringkat US News sebelumnya sudah dikenal dan berpengaruh di Amerika untuk peringkat terbaik Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit. US News membuat peringkat Universitas Terbaik Dunia perdana Oktober 2014, dan itu didasarkan pada data dan metrik yang disediakan oleh Thomson Reuters. US News membuat peringkat universitas internasional yang sudah didominasi oleh tiga peringkat universitas global yaitu Times Higher Education, Academic Ranking of World Universities, dan QS World University Rankings.

Hasil Arwu University Rankings '16

Di Peringkat Arwu, hanya ada 2 negara Asean yang masuk yaitu Singapura dan Malaysia. Dua universitas di Singapura, National University of Singapore dan Nanyang Technological University selalu masuk peringkat Arwu, bahkan sejak pertama Arwu rilis tahun 2003. Posisi National University of Singapore cenderung tetap dari tahun ke tahun. Tetapi Nanyang Technological University mulai urutan 351-400 tahun 2003 dan sekarang menjadi peringkat 151-200 di tahun 2015/16, suatu peningkatan yang signifikan.

Di atas Singapura masih terdapat belasan negara lain yang lebih tinggi peringkatnya, yaitu USA, Eropa (Inggris, Swiss, Germany, Belgium, Denmark, France, Netherlands, Norway, Russia, Sweden, Finland), Canada, Australia, Japan dan Israel.

Dua Universitas di Malaysia masuk peringkat Arwu 2015/16. Tahun lalu dua universitas tersebut juga sudah ada di posisi 301-500. Tetapi di tahun 2003, tidak ada satupun universitas di Malaysia yang masuk peringkat Arwu. Berarti ada peningkatan terhadap universitas-universitas di Malaysia sehingga bisa masuk peringkat Arwu di tahun-tahun sekarang ini.

Universitas di Indonesia, Thailand dan Philipina tidak masuk peringkat Arwu 2015/16, juga tidak ada tahun sebelumnya, tidak juga saat di rilis pertama tahun 2003. Tampaknya Indonesia, Thailand dan Philipina belum pernah masuk peringkat Arwu. Ini karena kriteria penilaian Arwu lebih ketat dan konservatif dengan mengutamakan penelitian, dimana 30% bobot kriteria berdasarkan medali atau nobel yang diperoleh oleh alumni dan staf pengajar.


Negara Ranking Universitas Nama Universitas
Singapore 101-150 National University of Singapore
Singapore 151-200 Nanyang Technological University
Malaysia 301-400 University of Malaya
Malaysia 401-500 University of Science, Malaysia


Hasil QS University Rankings '16

QS World adalah yang paling bisa menerima universitas di Asia tenggara. Singapura menempati urutan 12 dan 13, mengalahkan banyak negara termasuk jepang. Di atas Singapura hanya ada 3 tiga negara yaitu Amerika, Inggris dan Swiss yang semuanya 11 universitas. Tahun lalu, Universitas di Singapura (National University of Singapore) diurutan 22, dan saat itu Canada berada di atas Singapura.

Meningkatnya posisi Singapura dibandingkan tahun lalu, membuat Indonesia juga ikut naik. Tahun lalu 8 universitas di Indonesia masuk peringkat QS World. Tahun 2015/2016 sudah ada 9 universitas terbaik di indonesia yang diakui dunia versi QS. Namun Indonesia kalah bersaing dengan universitas di Malaysia dan Thailand. 5 universitas di Malaysia menempati urutan lebih tinggi dari Indonesia (di atas UI Jakarta). Sementara Thailand, 2 universitasnya di atas Indonesia. Hanya Philipina yang pas berada di bawah Indonesia. Silahkan lihat selengkapnya pada tabel di bawah ini.


Negara Ranking Universitas Nama Universitas
Singapore 12 National University of Singapore (NUS)
Singapore 13 Nanyang Technological University, Singapore (NTU)
Malaysia 146 Universiti Malaya (UM)
Thailand 253 Chulalongkorn University
Malaysia 289 Universiti Sains Malaysia (USM)
Thailand 295 Mahidol University
Malaysia 303 Universiti Teknologi Malaysia
Malaysia 312 Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
Malaysia 331 Universiti Putra Malaysia (UPM)
Indonesia 358 University of Indonesia (UI)
Philippines 401-410 University of the Philippines
Indonesia 431-440 Bandung Institute of Technology (ITB)
Philippines 501-550 Ateneo de Manila University
Indonesia 551-600 Universitas Gadjah Mada (UGM)
Malaysia 551-600 International Islamic University Malaysia (IIUM)
Thailand 551-600 Chiang Mai University
Thailand 601-650 Thammasat University
Thailand 651-700 Kasetsart University
Indonesia 701+ Airlangga University (Unair)
Indonesia 701+ Bogor Agricultural University (IPB)
Indonesia 701+ Diponegoro University (Undip)
Indonesia 701+ Institute of Technology Sepuluh Nopember (ITS)
Indonesia 701+ Universitas Muhammadiyah Surakarta
Indonesia 701+ University of Brawijaya (Unibraw)
Malaysia 701+ Universiti Teknologi MARA - UiTM
Philippines 701+ De La Salle University
Philippines 701+ University of Santo Tomas
Thailand 701+ Khon Kaen University
Thailand 701+ King Mongkut's University of Technology Thonburi
Thailand 701+ Prince of Songkla University
Singapore NA Singapore Management University


Hasil THE University Rankings '16

Peringkat Singapura dari Hasil THE mirip dengan hasil QS. Singapura menempati posisi yang tinggi (urutan 26 dan 55). Diatas urutan 26 hanya ada 4 negara yaitu Amerika, Inggris, Swiss dan Kanada.

Tetapi hasil THE untuk Indonesia tidak mengembirakan seperti hasil QS. THE hanya menempatkan satu universitas di Indonesia yaitu UI Jakarta dalam peringkatnya.

Posisi Malaysia dan Thailand di atas Indonesia. Terdapat masing-masing satu universitasnya di atas posisi Indonesia atau di atas UI Jakarta.

Negara Ranking Universitas Nama Universitas
Singapore 26 National University of Singapore
Singapore 55 Nanyang Technological University
Malaysia 401-500 Universiti Teknologi Malaysia
Thailand 501-600 Mahidol University
Thailand 601-800 Chiang Mai University
Thailand 601-800 Chulalongkorn University
Indonesia 601-800 University of Indonesia
Thailand 601-800 Khon Kaen University
Thailand 601-800 King Mongkut’s University of Technology Thonburi
Thailand 601-800 Prince of Songkla University
Thailand 601-800 Suranaree University of Technology
Malaysia 601-800 Universiti Kebangsaan Malaysia
Malaysia 601-800 Universiti Putra Malaysia
Malaysia 601-800 Universiti Sains Malaysia
Malaysia 601-800 Universiti Teknologi MARA


Hasil US News University Rankings '16

Peringkat Singapura dari Hasil US New adalah posisi 49 dan 74. Di atas Singapura masih cukup banyak negara lain yang lebih baik peringkatnya yaitu Amerika, Inggris, Kanada, Swiss, Jepang, Jerman, Belgia Australia dan China.

Pada Peringkat US News tidak terdapat universitas dari Indonesia. Tetapi ada 5 universitas di Malaysia dan 2 universitas di Thailand masuk peringkat US News.


Negara Ranking Universitas Nama Universitas
Singapore 49 National University of Singapore
Singapore 74 Nanyang Technological University
Malaysia 422 Universiti Malaya
Thailand 529 Mahidol University
Malaysia 557 Universiti Sains Malaysia
Thailand 579 Chulalongkorn University
Malaysia 638 Universiti Putra Malaysia
Malaysia 646 Universiti Teknologi Malaysia
Malaysia 733 Universiti Kebangsaan Malaysia

Berdasarkan hasil 4 lembaga university rangking di atas dapat disimpulkan bahwa posisi Indonesia berada di bawah Malaysia dan Thailand, tetapi hampir sebanding dengan Philipina. Artinya universitas-universitas terbaik di Indonesia seperti UI, ITB, UGM, IPB, Unair dan lainnya tidak bisa mengalahkan posisi universitas terbaik di Malaysia dan Thailand.

Universitas di Singapura adalah yang terbaik di Asia Tenggara. Bahkan berdasarkan THE dan QS World university rankings, universitas di Singapura adalah yang terbaik di Asia, dan juga mengalahkan Australia dan banyak negara di Eropa, terkecuali Inggris dan Swiss.

Demikian info Universitas terbaik di Indonesia vs Asean university. Diolah dari sumber asli Arwu, THE, US News dan QS world university rankings.

Share: WhatsApp

No comments:

Post a Comment